Penetapan Hasil Pilkada Tulungagung Berjalan Mulus

Penetapan Hasil Pilkada Tulungagung Berjalan Mulus
Oleh : Muhibuddin

KabarIndonesia – Tulungagung, berbeda dengan daerah lain, penetapan hasil Pilkada Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, yang digelar di halaman KPUD , Jumat (14/3) malam berlangsung sangat mulus. Dalam rapat pleno KPUD itu tak ada satupun elemen masyarakat maupun saksi-saksi yang mengajukan keberatan atas hasil Pilkada yang dimenangkan pasangan incumbent Ir Heru Tjahjono, MM -Mohammad Athiyah, SH itu. Malahan, rapat pleno yang dimulai sekitar pukul 21.20 WIB itu justru banyak diwarnai suasana santai dengan menampilkan hiburan dari artis-artis lokal. Tak ayal, penetapan pasangan bupati-wakil bupati terpilih pun berlangsung sangat singkat. Penetapan pasangan terpilih hasil Pilkada yang digelar Minggu (9/3) itu dituangkan dalam surat keputusan KPUD nomer 40 tahun 2008 yang ditandatangani Ketua KPUD, Drs H Maksun Thohir.

Sebelum menetapkan Heru Tjahjono – Mohammad Athiyah menjadi pasangan bupati-wakil bupati terpilih, Maksun Thohir selaku pimpinan rapat pleno memberikan kesempatan kepada pihak-pihak yang menghadiri tahapan Pilkada ini untuk mengajukan keberatan. Namun, tawaran itu sama sekali tak ada yang merespon. Bahkan, saksi-saksi dari pasangan calon yang kalah pun tak ada satupun yang mempermasalahkan hasil Pilkada. ‘’Tiga hari setelah penetapan, hasilnya akan kami kirimkan ke DPRD. Ini sekaligus untuk memberikan kesempatan kepada pihak-pihak yang mau menggugat hasil Pilkada.
Gugatan itu hanya bisa dilakukan pasangan calon yang lain ke Mahkamah Agung (MA) lewat Pengadilan Negeri (PN) setempat,” ujar Maksun Thohir.
Hasil Pilkada ditetapkan setelah sebelumnya di tempat yang asama KPUD melakukan rapat pleno dengan agenda rekapitulasi hasil penghitungan suara. Rapat pleno merekap hasil penghitungan suara dari 19 panitia pemilihan kecamatan (PPK) inipun berlangsung sangat mulus. Bahkan, untuk merekap hasil Pilkada ini tak sampai memakan waktu lebih dari dua jam.
Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara ditetapkan, pasangan incumbent Heru Tjahjono – Mohammad Athiyah memperoleh sebanyak 417.693 suara. Sedang rivalnya, pasangan Muljani S – Subroto meraup 100.758 suara. Sementara, sebanyak 19.228 suara dinyatakan tidak sah.
Dalam rekapitulasi itu, KPUD juga menetapkan, jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Tulungagung sebanyak 537.679 pemilih dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 820.566 pemilih. Sedangkan, warga yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 282.887 pemilih. ‘’Warga yang menggunakan hak pilihnya mencapai 65,5 persen, sedang pemilih yang tidak hadir sebanyak 34,5 persen,” ujar Maksun Thohir. Jika dihitung dari jumlah hak pilih yang hadir sebanyak 537.679 pemilih, itu berarti perolehan suara yang diraup pasangan Heru-Athiyah mencapai 77,7 persen. Sementara rivalnya, pasangan Muljani-Subroto hanya meraih suara sebanyak 18,7 persen. Sisanya, sebanyak 3,6 persen dinyatakan tidak sah.
Namun, jika dihitung berdasarkan jumlah DPT, persentase perolehan suara pasangan Heru-Athiyah sebanyak 50,9 persen dan pasangan Muljani – Subroto sebesar 12,3 persen. Sedang suara yang tidak sah sebesar 2,3 persen. Sisanya, sebanyak 34,5 persen tidak menggunakan hak pilihnya.

Rapat Pleno KPUD ini juga dihadiri pasangan Heru – Athiyah yang malam itu ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Tulungagung. Hingga acara usai, pasangan Muljani-Subroto tak terlihat muncul di KPUD. Penetapan hasil Pilkada ini juga diikuti unsur PPK, Panwaslu dan wakil-wakil dari partai politik serta pejabat Muspida.
sumber http://www.kabarindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: