KPUD Tulungagung Majukan Penetapan Hasil Pilkada

KabarIndonesia – Tulungagung, Jadwal penetapan hasil Pilkada Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, dipastikan akan dimajukan dua hari dari jadwal semula. Itu dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), karena proses rekapitulasi penghitungan suara bisa dituntaskan dengan cepat sebelum batas waktu yang ditetapkan. Zaini Fasya, anggota KPUD Tulungagung tak menyangkal dimajukannya jadwal penetapan hasil Pilkada itu. ‘’Penetapan hasil Pilkada memang kita majukan dua hari dari jadwal semula. Setelah rekapitulasi penghitungan suara kita selesaikan, lagsung kita teruskan dengan penetapan hasil Pilkada,” ujar Zaini Fasya,

Sesuai jadwal dalam tahapan Pilkada Tulungagung, hasil Pilkada sedianya ditetapkan KPUD pada 16 Maret 2008. Namun, karena rekapitulasi penghitungan suara bisa diselesaikan lebih awal, KPUD akhirnya memutuskan memajukan jadual penetapan hasil Pilkada. ‘’Hasil Pilkada rencananya kita tetapkan pada Jumat (14/3) malam,” kata Zaini Fasya. Pertimbangannya, ungkap Zaini, jadwal penetapan hasil Pilkada dipercepat karena rekapitulasi penghitungan suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) sudah tuntas sebelum deadline yang ditetapkan. ‘’Dengan demikian, KPUD juga bisa melakukan rekapitulasi lebih awal daripada jadual yang ada,” tegas dia.

Dikatakan Zaini, rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK, sesuai jadwal berlangsung pada 10, 11 dan 12 Maret 2008. Sementara, jadwal rekapitulasi di tingkat KPUD dijadwalkan berlangsung pada 13,14 dan 15 Maret 2008. ‘’Di luar dugaan, ternyata, rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan sudah selesai semuanya sebelum batas akhir dari yang dijadwalkan,” tandas Zaini.

‘’Karena rekapitulasi di tingkat kecamatan lebih cepat diselesaikan, maka KPUD juga bisa melakukan rekapitulasi lebih awal dari yang dijadwalkan. Jumat sore, KPUD diperkirakan sudah bisa menuntaskan rekapitulasi hasil Pilkada. Begitu, rekapitulasi diselesaikan, malam harinya, KPUD langsung melakukan penetapan,” kata Zaini Fasya.

Dalam Pilkada Tulungagung yang digelar Minggu (9/3) lalu, menurut hasil perhitungan suara sementara, pasangan nomor urut dua (Heru Tjahjono – Mohammad Athiyah) meraup suara yang jauh lebih besar dibanding rivalnya, Muljani-Subroto. Kubu Heru-Athiyah mengklaim meraup suara dengan persentase sekitar 81 persen dari jumlah pemilih yang hadir memberikan suaranya. ‘’Berdasarkan perhitungan yang masuk ke tim kami, pasangan Heru-Athiyah berhasil mendulang suara 80 persen lebih,” ungkap salah seorang tim kampanye pasangan Heru-Athiyah, Abrori, ST.

Dengan demikian, pasangan incumbent yang diyakini menang telak itu tinggal menunggu hasil penetapan yang dilakukan KPUD sebelum nantinya dilantik menjadi Bupati-Wakil Bupati Tulungagung 2008-2013. Sementara, pasangan Muljani-Subroto harus legowo menerima kekalahan dalam Pilkada dengan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 820.566 pemilih itu.

Pilkada Tulungagung yang diikuti dua pasangan cabup-cawabup telah berlangsung tertib dan lancar. Bahkan, pasca pemilihan hingga menjelang jadual penetapan hasil Pilkada, suasana kota marmer ini masih tetap dalam keadaan kondusif. Tak ada pihak-pihak yang mencoba ‘menggugat’ hasil Pilkada melalui berbagai aksi unjuk rasa seperti yang banyak terjadi di daerah lain

SUMBER KABAR  INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: